Kedung Banteng's Society

Shinichi adalah seorang detektif terkenal yang masih duduk dibangku 2 SMU Teitan dan telah memecahkan kasus sulit berkali-kali, sehingga dijuluki Penyelamat Kepolisian Jepang.

Ayah Shinichi, Yusaku Kudo, bekerja sebagai penulis novel terkenal. Salah satu novelnya adalah cerita mengenai kisah penjahat bertopeng dan berjubah hitam yang bernama Night Baron yang misterius. Ibu Shinichi, Yukiko Kudo, adalah seorang artis terkenal. Namun ia meninggalkan dunia artis setelah menikah dengan Yusaku. Kini, kedua orang tua Shinichi berada di Amerika.

Shinichi sangat menyukai novel detektif, salah satunya adalah Sherlock Holmes. Shinichi juga adalah pemain sepakbola yang sangat handal.

Suatu hari, setelah Shinichi pulang dari Tropical Land bersama teman masa kecilnya, Ran Mouri, dia menyaksikan transaksi gelap yang dilakukan oleh pria berjubah hitam. Kemudian teman dari pelaku transaksi tersebut mendapati Shinichi dan membuatnya pingsan serta memberi racun yang masih dalam tahap percobaan, APTX 4869 agar Shinichi tutup mulut. Namun tanpa diketahui mereka, Shinichi tidak mati, melainkan tubuhnya jadi mengecil.

Shinichi yang kebingungan meminta Professor Hiroshi Agasa untuk membantunya, namun disaat yang bersamaan, Ran yang mencemaskan Shinichi karena tiba-tiba menghilang datang dan menemukan Shinichi kecil. Ketika ditanya namanya, Shinichi terpojok dan melihat buku dibelakangnya, dengan penulis Sir Arthur Conan Doyle dan Edogawa Ranpo. Dengan cepat dia membuat nama untuk tubuh kecilnya, yaitu Conan Edogawa.

Untuk menyembunyikan identitasnya, dia menumpang tinggal di kantor detektif Kogoro Mouri, ayah Ran. Dalam wujud Conan, selain membantu Kogoro, dia mencari informasi tentang kawanan komplotan laki-laki berjubah hitam yang telah mengubahnya menjadi kecil. Shinichi juga harus masuk SD Teitan, bekas SD Shinichi untuk mengelabui masyarakat.

Dengan bantuan alat canggih dari Profesor Agasa, Shinichi yang mengecil dan menyamar menjadi Conan, diam-diam membantu Kogoro Mouri yang terlalu bodoh untuk memecahkan kasus yang sulit.

Di SDnya, Conan bergabung dengan kelompok detektif cilik yang dibentuk oleh Genta Kojima, Ayumi Yoshida dan Mitsuhiko Tsuburaya. Belakangan, Ai Haibara juga ikut bergabung.

Profesor Agasa membuat beberapa alat canggih untuk membantu Shinici hidup selayaknya Conan. Alat-alat buatan Profesor Agasa itu diberikan Conan untuk menangkap penjahat maupun membantu menyelesaikan kasus yang ditanganinya.

Kaca mata pencari jejak
Kacamata tahan peluru ini memiliki kemampuan mendeteksi lawan sejauh 10 KM, kacamata ini sering digunakan oleh Conan untuk mengejar para kriminal. Kacamata ini juga memiliki sebuah speaker di dalamnya. Salah satu kekurangan alat ini adalah sulitnya untuk mengisi ulang baterai jika habis.

Dasi kupu-kupu pengubah suara
Alat detekfit pertama yang dibuat Professor Agasa untuk Conan, di belakangnya terdapat dua buah roda putar yang bisa digunakan untuk meniru suara berbagai orang. Dengan alat ini, Conan biasanya meniru suara Kogoro untuk memecahkan kasus.

Jam tangan yang berisi jarum bius
Alat ini boleh saja terlihat sebagai jam biasa, tapi sebenarnya bukan, Conan sering menggunakan ini untuk menidurkan orang. Jika ditekan di sebuah tombol, sebuah jarum akan keluar dan membuat orang jatuh tertidur. Ketika memecahkan kasus, Conan biasanya menidurkan Kogoro dengan alat ini dan kemudian meniru suaranya. Gara-gara ulah Conan ini, Kogoro jadi terkenal “DETECTIVE TIDUR” *

Sepatu super untuk menendang benda dengan sangat keras
Ini adalah sepatu spesial yang dapat merangsang otot kaki dengan listrik dan meningkatkan kekuatan dan kemampuannya hingga maksimal. Conan sering menggunakan ini untuk melumpuhkan para kriminal.

Suspender elastis
Sebuah suspender yang sangat elastik dan kuat. Dengan satu tekan pada tombol, benda ini akan berkontraksi sehingga bahkan mampu mengangkat sebuah mobil!

Sabuk pencipta bola yang mampu bertahan 10 detik
Alat ini akan mengeluarkan sebuah bola kaki yang biasanya digunakan Conan untuk melumpuhkan para kriminal. Bola yang keluar akan bertahan selama 10 detik dan kemudian kempis kembali.

Skateboard dengan tenaga Matahari
Ini adalah sebuah skateboard bertenaga matahari yang dapat berjalan pada kecepatan tinggi, bahkan lebih cepat dari sebuah mobil, Conan sering menggunakannya untuk mengejar kriminal.

Badge Detektif atau HT khusus anggota detektif cilik
Sebuat alat yang dimiliki setiap member Detective Boys. Alat ini memiliki sebuah penangkap dan pengirim sinyal yang tersambung ke kacamata pelacak jejak.

Telepon berbentuk anting-anting
Sebuah telpon portable dalam bentuk sebuah anting. Benda ini dapat tersambung dengan Pita Pengubah Suara.

Pen Pengubah Suara
Sebuah alat dengan fungsi yang sama dengan bowtie, bedanya hanya terletak pada alat perekam yang dibuat di dalamnya. Alat ini dibuat oleh Professor Agasa dengan bekerja sama dengan sebuah perusahaan bernama Bandai.

MEDIA

* Manga

Bab dari manga Detektif Conan ditulis dan diilustrasikan oleh Aoyama Gosho. Di Jepang, mereka telah diterbitkan di Shogakukan’s Weekly Shonen Sunday sejak tahun 1994. Sejak premier Detektif Conan, lebih dari tujuh ratus bab telah dirilis di Jepang. Masing-masing bab dikumpulkan oleh Shogakukan dalam serangkaian volume Tankōbon. Jilid pertama ini dirilis pada 18 Juni 1994; sampai dengan 18 Agustus 2009, enam puluh lima volume telah dirilis. Viz Media (penerbit Detektif Conan dalam versi Amerika Serikat) merilis volume pertama pada 7 September 2004, dengan tiga puluh dua jilid dirilis per 27 November 2009. Elex Media Komputindo merupakan penerbit Detektif Conan dalam versi Bahasa Indonesia.

Ada 3 edisi Detektif Conan yang diterbitkan di Indonesia (oleh Elex Media Komputindo), yaitu:
o Detektif Conan edisi reguler berupa volume berbentuk tankobon yang isinya telah diterjemahkan dari bahasa Jepang ke bahasa Indonesia.
o Detektif Conan Edisi Spesial yaitu edisi yang setiap bab (file)-nya berisi 1 kasus dan kasus- kasus tersebut adalah kasus yang pendek.
o Detektif Conan Seri Animasi TV

* ANIME

Episode dari serial anime Detektif Conan diarahkan oleh Kenji Kodama dan Yasuichiro Yamamoto dan diproduksi oleh Tokyo Movie Shinsha dan Yomiuri Telecasting Corporation.[8] Lima puluh episode dari serial Detektif Conan Bahasa Inggris disiarkan di Cartoon Network sebagai bagian dari blok program Adult Swim pada 24 Mei 2004 sampai Januari 2005 dan telah dihentikan karena rendahnya popularitas.

Pada Juli 2009, 17 bagian dan 143 total volume telah dirilis oleh Shogakukan.[9] Lima kotak koleksi DVD dari adaptasi Inggris dari anime telah dirilis oleh Funimation Entertaiment dan berisi lima musim pertama dari anime

* Special TV

Spesial TV dari seri Detektif Conan hanya ada satu untuk saat ini yaitu Lupin III vs Detective Conan (ルパン三世 vs 名探偵コナン ,”Lupin Sansei vs Meitantei Conan”?). Episode ini menceritakan tentang Conan yang bertemu dengan Lupin III yang berusaha mencuri mahkota ratu kerajaan Vespania.

* Film

Empat belas film layar lebar telah dirilis yang berasal dari seri Detektif Conan. Film- film tersebut telah dirilis pada bulan April sejak tahun 1997. Setiap film layar lebar memiliki jalur plot tesendiri, dan bukan merupakan adaptasi dari cerita manganya. Diantara 14 film ini, hanya 6 yang pernah ditayangkan di Indonesia melalui Indosiar, yaitu film ke-1, ke-2, ke-6, ke-9, ke-10,dan ke-11

Daftar Film:
o 名探偵コナン 時計じかけの摩天楼 (Meitantei Konan Tokei Jikake no Matenrō ?) Detective Conan: The Time-Bombed Skyscraper April 1997
o 名探偵コナン 14番目の標的 (Meitantei Konan Jyuuyon banme no Tagetto ?) Detective Conan: The Fourteenth Target 18 April 1998
o 名探偵コナン 世紀末の魔術師 (Meitantei Konan Seikimatsu no Majutsushi ?) Detective Conan: The Last Wizard of the Century 17 April 1999
o 名探偵コナン 瞳の中の暗殺者 (Meitantei Konan Hitomi no Naka no Ansatsusha ?) Detective Conan: Captured in Her Eyes 22 April 2000
o 名探偵コナン 天国へのカウントダウン (Meitantei Konan Tengoku e no Kauntodaun ?) Detective Conan: Countdown to Heaven 21 April 2001
o 名探偵コナン ベイカー街の亡霊 (Meitantei Konan Beikā Sutorīto no Bōrei ?) Detective Conan: The Phantom of Baker Street 20 April 2002
o 名探偵コナン 迷宮の十字路 (Meitantei Konan Meikyū no Kurosurōdo ?) Detective Conan: Crossroad in the Ancient Capital 19 April 2003
o 名探偵コナン 銀翼の奇術師 (Meitantei Konan Gin-yoku no Majishan ?) Detective Conan: Magician of the Silver Sky 17 April 2004
o 名探偵コナン 水平線上の陰謀 (Meitantei Konan Suiheisenjō no Sutoratejī ?) Detective Conan: Strategy Above the Depths 19 April 2005
o 名探偵コナン 探偵たちの鎮魂歌 (Meitantei Konan Tantei-tachi no Requiem ?) Detective Conan: The Private Eyes’ Requiem 15 April 2006
o 名探偵コナン 紺碧の棺 (Meitantei Konan Konpeki no Jorī Rojā ?) Detective Conan: Jolly Roger in the Deep Azure 27 April 2007
o 名探偵コナン 戦慄の楽譜 (Meitantei Konan Senritsu no Furu Sukoa ?) Detective Conan: Full Score of Fear 19 April 2008
o 名探偵コナン 漆黒の追跡者 (Meitantei Konan Shikkoku no Chaser ?) Detective Conan: The Raven Chaser 18 April 2009
o 名探偵コナン 天空の難破船 (Meitantei Konan Tenkuu no Nanpasen ?) Detective Conan: The Lost Ship in the Sky 17 April 2010

Drama Televisi

Dua drama televisi tunggal yang telah dibuat dari seri ini, satu pada tahun 2006 dan satu pada tahun 2007.

Dalam drama pertama, Detective Conan: Shinichi Kudo’s Written Challenge (名探偵コナン- 工藤新一への挑戦状 ,”Meitantei Conan: Kudo Shinichi he no Chosenjo”?), yang perdana di Jepang pada Nippon Television pada 2 Oktober 2006.[26] Itu menjabat sebagai prekuel dari cerita saat ini, dibintangi oleh Shun Oguri sebagai Shinichi Kudo, Tomoka Kurokawa sebagai Ran Mouri, dan Takanori Jinnai sebagai Kogoro Mouri.

Drama TV kedua perdana pada tanggal 17 Desember 2007 yang berjudul Shinichi Kudo Returns! Showdown with the Black Organization (工藤新一の復活!~黒の組織との対決 ,”Kudo Shinichi no Fukkatsu! Kuro no Soshiki to no Taiketsu”?), dengan menambahkan karakter seperti Yu Kashii (sebagai Shiho Miyano), Kuranosuke Sasaku (sebagai Gin), Okada Taro (sebagai Vodka), Ryosei Tayama (sebagai Agasa), Fujisaki Nao (sebagai Conan) dan Shibata Kyoka (sebagai Haibara).

Music

Tiga puluh satu soundtrack CD, diproduksi oleh Polydor Records dari Universal Music Group, telah dirilis untuk seri anime dan film Detektif Conan.

Tiga CD dirilis dengan berisi koleksi lagu tema “terbaik” di dalam seri anime.

Lima CD dirilis dengan berisi lagu tema yang digunakan untuk anime. Dua album foto dirilis bersamaan dengan 4 album singel. Setiap film dari serial ini juga memiliki CDnya masing- masing.

* Detective Conan: Original Soundtrack 1 dirilis pada tanggal 21 Februari 1996 dan berisi 20 lagu.
* Detective Conan: Original Soundtrack 2 dirilis pada tanggal 2 Mei 1996 dengan 70 lagu.
* Detective Conan: Original Soundtrack 3 dirilis pada tanggal 25 November 1996 dengan 27 lagu.
* Detective Conan: Original Soundtrack 4 ~Let’s go! Detective Boys~ dirilis pada tanggal 25 April 2001 dengan 28 soundtracks.

* Detective Conan: Original Soundtrack- Super Best dirilis pada tanggal 27 November 1997 berisi 30.[34]
* Detective Conan: Original Soundtrack- Super Best 2 dirilis pada tanggal 17 Desember 2003 berisi 22 lagu.
* Detective Conan TV Original Soundtrack: Selection Best dirilis pada tanggal 5 Desember 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: