Kedung Banteng's Society

Demak, CyberNews. Calon incumbent H Tafta Zani dan pasangannya HM Dachirin Said  meraih suara terbanyak dalam Pilkada Bupati Demak mengacu perhitungan sementara KPU hingga pukul 21.00 Minggu (6/3) malam. Tafta, meraih 164.222 suara sedangkan lainnya masih dibawah kisaran 50.000 suara.

Pasangan Saidah-Haryanto memeroleh 29.822 suara, M Nadjib- Siti Azzah 19.954 suara dan Maryono-Purnomo 9.123 suara.  Penghitungan KPU dilakukan manual menunggu kiriman data dari masing-masing TPS yang tersebar di 249 desa/ kelurahan.

KPU menyajikan data perkembangan perolehan suara calon, melalui website dan layar lebar yang dipampang di depan kantor Jalan Kiai Turmudi. “Namun itu sifatnya sementara. Untuk resminya masih harus menunggu hasil perhitungan akhir KPU,” tutur Ketua KPU Mahmud Suwandi didampingi anggota Jesi Tri Juni, Minggu (6/3) malam.

Ditambahkan dari  jumlah TPS sebanyak 1.706, yang sudah menyerahkan hasil sebanyak 958 TPS. Sementara itu dari total DPT yang mencapai  805.661 orang, partisipasi pemilih sebanyak 64 persen.  Suara sah dalam hitungan manual mencapai 223. 121, sedangkan suara tak sah 6.679.

“Namun diberitahukan kepada masyarakat Demak bahwa penayangan hasil  penghitungan suara Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Demak secara online, hanya bersifat sementara dan hanya 80% dari jumlah seluruh TPS yang ada. Adapun hasil penghitungan suara Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Demak besok pada tanggal 12-13 Maret 2011,” tambah Mahmud.

Sementara itu pihak tim pemenangan Tafta-Dachirin mengklaim juga menggelar perhitungan cepat (quick count) untuk mengetahui dukungan terhadap pasangan calon.  Hingga pukul 21.30, semalam perhitungan cepat itu menempatkan incumbent pada urutan pertama dengan perolehan suara 252.496 orang atau mencapai 74, 65 persen.

Selebihnya pasangan Hj Saidah-Haryanto 44.875 suara (13,27 persen), pasangan HM Najib-Siti Azzah 29.708 suara (8,78 persen), dan pasangan H Maryono-Purnomo 1.128 persen (3,3 persen). “Namun itu juga masih sementara dari sebanyak 1.128 TPS yang masuk. Kami yakin  perolehan suara calon masih akan bertambah,” tutur Humas Tim Pemenangan Tafta-Dachirin Sudiro.

Sudah Siap

Terpisah, Ketua DPC Demokrat Demak H Giyanto, selaku pihak pengusung Saidah-Haryanto mengemukakan pihaknya sedari awal sudah bersiap untuk menang ataupun kalah dalam pelaksanaan Pilkada. Termasuk hitung-hitungan suara yang masuk bagi pasangan calon.

“Namun apapun hasilnya kami tetap akan melaksanakan evaluasi. Selebihnya tentu memang masih harus menunggu hasil penghitungan resmi KPU Demak,” tutur politisi senior itu. Demokrat mengusung Saidah-Haryanto dengan membentuk koalisi masa depan bersama PAN.

Sementara itu, sekretaris Tim Pemenangan Najib-Azzah, Abdul Salim Ganjur mengaku pihaknya sudah bekerja seoptimal mungkin memenangkan calon. Hasil akhirnya memang masih harus menunggu penghitungan final KPU.  Najib-Azzah diusung parpol gabungan Gerindra, Hanura, PKNU, PDP dan PKPB.

Adapun Sekretaris DPC PDIP Fahrudin Bisri Slamet selaku parpol pengusung Maryono-Purnomo juga mengatakan masih butuh menunggu pengumuman resmi KPU.

( Hari Santoso , Saptono Joko Sulistyo, Anton Sudibyo / CN26 / JBSM )

 

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: